Jumat, 05 Februari 2010

Membagi Koneksi Internet Menggunakan Wifi Laptop

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana menghubungkan beberapa komputer/laptop menggunakan Wifi laptop yang sudah disetting sebagai ”akses poin”. Dengan begitu internet yang terhubung pada laptop ”akes poin” tersebut dapat pula dibagikan kepada laptop/komputer lain yang terhubung dengannya melalui wireless.

Saya akan membagi internet yang terkoneksi pada laptop ”akses poin” saya kepada laptop/komputer lain yang terkoneksi melalui wireless. Koneksi internet tersebut berasal dari modem Huawei. Berikut langkah-langkahnya.

1. Kita akan men-sharing koneksi dari modem dengan cara masuk ke Control Panel-> Network Connection. Di situ akan nampak koneksi Dial-Up saya. Seperti gambar berikut.



Di situ terlihat koneksi Dial Up ”HUAWEI3G.flash” sudah connected atau aktif.

2. Lalu klik kanan pada koneksi ”HUAWEI3G.flash” tersebut lalu pilih Properties.
3. Akan muncul jendela Properties sebagai berikut.



Lalu pilih Tab ”Advanced”

4. Akan muncul tampilan berikut.



Beri tanda centang pada ”Allow other network users ......”
Pada Home networking connection pilih “Wireless Network Connection”.
Beri centang pula pada “Establish a dial-up …..”.
Pada pilihan “Allow other network….” dapat anda centang maupun tidak. Saya merekomendasikan untuk tidak dicentang.

5. Klik OK hingga selesai.

6. Lalu disconnect-lah koneksi modem anda lalu dial up ulang agar sharing modem yang dilakukan tadi dapat aktif.

Biasanya, windows akan meminta kita untuk mengubah IP number pada jaringan wireless laptop yang koneksi internetnya di-sharing dengan 192.168.0.1. Beberapa kondisi, windows akan otomatis mengubah IP kita pada saat kita melakukan proses Sharing modem seperti di atas. Namun terkadang, windows tidak mengubahnya secara otomatis. Oleh karenanya kita harus mengubahnya manual dengan cara:
1. Klik Klik 2x ikon wifi di pojok kanan bawah, sehingga muncul layar Wireless Network Connection

2. Pada pojok kiri bawah terdapat tulisan ”Change Advanced Setting”. Klik tulisan tersebut.

3. Akan muncul tampilan berikut.



Pilih ”Internet Protocol” lalu klik tombol ”Properties”.

4. Lalu muncul jendela berikut.



Setting-lah seperti di atas.

5. Klik OK hingga selesai.

Untuk dapat menggunakan internet yang di sharing tadi, komputer/laptop lain yang terkoneksi melalui jaringan wireless juga harus mengubah IP pada wireless networknya. Langkahnya seperti mengubah IP wireless laptop ”akses poin”, hanya saja ada sedikit perubahan. Pengaturan IP numbernya seperti berikut:



IP address tersebut harus 192.168.0.xxx . xxx dapat diisi angka dari 2-254. Tiap komputer harus berbeda.
Defaul gateway harus 192.168.0.1 karena kita akan menggunakan komputer IP 192.168.0.1 sebagai gateway ke jaringan internet. Lalu klik OK sampai selesai.

Cara sharing koneksi internet ini juga dapat dilakukan pada jaringan kabel. Cara sharingnya sama, hanya saja ada satu proses yang berbeda pada saat men-sharing modem-nya. Yaitu proses berikut.



Pada proses ini, apabila sharing akan dilakukan menggunakan jaringan kabel maka kita pilih ”Local Area Connection” pada Home networking connection. Hanya itu saja yang berbeda. Langkah lainnya sama.



71 komentar:

  1. radius maksimal berapa meter ya sob kalo kita ingin membagi wifi dari laptop ini ?

    BalasHapus
  2. Kalo dari laptop yang koneksi internetnya dari LAN, trus mau jd access point buat gadget gmana caranya boss??

    BalasHapus
  3. @orang kampung
    kalau berapa meter sih saya tidak begitu tahu pastinya. Tapi selama laptop itu bisa mendeteksi suatu sinyal, berarti sejauh itu pula laptop dapat memancarkan sinyal darinya...

    @aldres
    Bisa...caranya menggabungkan tutorial diatas dengan tutorial untuk membuat laptop menjadi semacam akses poin di sini: http://berbagaicara.blogspot.com/2010/01/membuat-wifi-laptop-menjadi-semacam.html

    garis besarnya, sharing koneksi LAN, kemudian diarahkan sharingnya tersebut ke Wireless LAN... tapi sebelumnya, buat sebuah koneksi ad-hoc(computer to computer) menggunakan wireless LAN. Sehingga sinyal yang dipancarkan tersebut dapat digunakan untuk jalur koneksi internet yang berasal dari LAN. kebetulan saya pernah mencoba. Sinyal tersebut dapat ditangkap oleh laptop atau komputer yang memiliki wireless connection (baik menggunakan card maupun wifi USB). Gadget seperti handphone pun bisa, asal memiliki fitur wifi...

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  4. mas makasih ilmunya ....saya dah bisa menjadikan wifi di PC saya konek dengan di laptop saya.
    hanya saja ketika tak buat akses internet dari laptop kok tidak bisa kenapa ya ?

    perlu diketahui bahwa Pc saya ngambil internet dengan dial up melalui flexi.

    terus wifi di pc tak kasih ip 192.168.0.1

    wifi di laptop tak kasih ip 192.168.0.3 dengan gateway 192.168.0.1

    tetap tidak bisa ....kenapa ya .....mohon pencerahannya....!

    dial up dah tak share sebagaimana panjenengan ajarkan ....tetap laptop gagal mengakses internet.....sekali lagi tolong masukannya...!

    BalasHapus
  5. Satu lagi mas ....jika saya akan share dial up dari komputer ke laptop tapi makai acses point caranya gimana ....biar bisa jauh ....nanti acses point saya tak buatkan omni ....bisa ga mas ....

    BalasHapus
  6. @abusalma
    untuk pertanyaan pertama:
    Preffered DNS-nya juga harus diarahkan ke 192.168.0.1. Dan yang paling penting, apakah koneksi flexy yang ada di PC sudah di share? Kalau belum, harus di share dulu dan arahkan share-nya ke wireless connection. Jangan yang local area connection.

    Untuk pertanyaan ke dua:
    Bisa saja mas... Hubungkan akses poin dengan PC menggunakan kabel LAN. Tentunya IP akses poinnya disetting supaya se-level dengan IP PC. Kalau PC-nya 192.168.0.1, ya IP akses poinnya 192.168.0.xxx ....

    BalasHapus
  7. sebelumnya makasih atas sharingnya dari mas bro
    saya udah ngelakuin semuannya sampai selesai dari notebook saya menggunakan modem smart,tapi yang saya binggung ketika saya mau share dengan ipod saya kok tidak bisa terdeteksi yaa dan kalau kita mau menormalkan programnya lagi seperti semula caranya gimana yaa,apa cukup di restart aja atau ada yang di setting lagi
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  8. @alnor
    yang tidak terdeteksi apanya? Apakah sinyal wireless yang dipancarkan laptop? Saya sendiri belum pernah menggunakan ipod, cm kalau hape-hape yang ada wifi-nya bisa kok konek ke sinyal tersebut.
    Maksudnya menormalkan programnya tuh gmn? apakah maksudnya mau menghapus sinyal yang dipancarkan? Kalau iya, tinggal masuk ke wireless properties, kemudian masuk ke tab wireless network, nanti terlihat di preferred network ada nama2 sinyal. Nah remove aja sinyal yang kita buat tadi.
    Kalau yang dimaksud menormalkan adalah mengembalikan sharing-an koneksi smart-nya, ya tinggal hilangkan centang pada menu sharing pada gambar di poin 4 itu.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  9. @mas wisnu
    thx untuk balasannya
    notebook saya sekarang bisa memancarkan signal wireless dan muncul juga di ipod saya,masalahnya sekarang saya :
    1. walaupun signal yang di terima di ipod saya full bar,tetapi tetap tidak bisa melakukan koneksi begitu juga dengan hp saya mengalami hal yang sama ( signal wifi dari settingan notebook ada tetapi tidak bisa koneksi )
    2. dari pertanyaan saya yang di awal,kalau saya ingin mereset ulang settingan,apakah saya harus membiarkan setingan yang di buat itu atau harus ada yang di hapus??
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. @ mas wisnu :'
    terima kasih atas balasannya
    setelah mencoba berulang kali akhirnya bisa juga notebook saya memancarkan signal wifi cuma,problem saya sekarang walau ipod saya bisa dapat full bar mendeteksi signal wifi tapi tidak bisa melakukan koneksi ( koneksi off ) padahal saya dapat sinal bar full,begitu juga saya coba dengan menggunakan hape saya ( sama dengan ipod )
    **untuk pertanyaan saya yang di awal tadi bagaimana cara kita me reset ulang kembali ke settingan awal jika kita sudah melakukan koneksi browsing??
    terima kasih atas waktunya untuk menjawab

    BalasHapus
  11. Untuk pertanyaan pertama:
    - Ini sekedar analisa saya saja ya... soalnya saya memang belum pernah mencoba menggunakan ipod. Mungkin saja karena ini adalah setting-an ad hoc (computer to computer) sehingga tidak support untuk ipod atau smart phone... Mungkin pembaca ada yang tau jawaban yang lebih pasti, silakan di share...

    Untuk pertanyaan kedua
    - bisa saja membuat sinyal lagi tanpa menghapus sinyal yang lama.. Namun lebih baik dihapus terlebih dahulu.
    Semoga membantu.


    kalau ada pertanyaan lain silakan diajukan. Siapa tahu saya bisa membantu.
    wisnuaji (admin)

    BalasHapus
  12. Sob, saya ada problem. Tetangga saya ada sinyal WiFi jenis 802.11g dan mau bagi ke saya, laptop saya sesuai spek harusnya bisa mendetek sinyal tsb karena tertera 802.11b/g/n. Ketika hidupkan wifi laptop dan router aktif, koq sinyal ga ke detect ya? Padahal laptop satu lagi dengan wifi card yang sama bisa connect.

    BalasHapus
  13. @rio
    sinyalnya dipancarkan oleh akses poin? merk apa? apakah disetting-an halaman admin-nya sudah diatur untuk dapat terdeteksi oleh 802.11b/n? Karena ada beberapa akses poin yang terdapat pengaturan jenis sinyal yang dapat mendeteksinya...
    Lalu, laptop tersebut sudah pernah dipakai untuk mendeteksi sinyal di tempat lain? misal di kampus, cafe atau lainnya?

    BalasHapus
  14. aduh........
    itu saya lupa....
    tetangga ga tau juga spesifikasi, ga tertera merk sih....
    polos....
    sudah di setting biar terdetek, laptop sudah pernah dipakai untuk WiFi kampus nih.....

    BalasHapus
  15. mungkin bisa masuk ke halaman admin untuk tahu merknya...biasanya alamat default akses poin 192.168.1.1 atau 192.168.1.254..password sama usernamenya "admin".

    Coba dilihat halaman adminnya apakah ada pengaturan untuk setting sinyal yang dapat dikoneksikan.

    BalasHapus
  16. Bagaimana ya kalau menggunakan modem sierra
    soalnya saya make modem sierra compass 885
    tolong di bantu

    BalasHapus
  17. @anonim
    bisa saja mas/mbak...pada dasarnya tinggal disharing saja...caranya sama dengan di atas...

    BalasHapus
  18. mas mau nanya ini...
    pada Wireless Network Connection Properties di tab advancednya...laptop 1 dibuat sebagai apa?
    n laptop 2 sebagai apa?
    accespoint preferet kah,infrastructur kah or ad hoc
    thx berat ya

    BalasHapus
  19. @mas rones
    Saya agak kurang paham dengan pertanyaan anda, tapi saya asumsikan laptop 1 sebagai "akses poin" sedangkan laptop 2 adalah sebagai klien. Ok?

    Untuk setting laptop 1, pada tombol Advanced tetap pilih "Any available network". Cuma jika mau dijadikan sebagai akses point, masuk pada tombol Add terus setting seperti pada tutorial http://berbagaicara.blogspot.com/2010/01/membuat-wifi-laptop-menjadi-semacam.html

    Untuk laptop 2/klien, tetap pilih saja "Any available network". Tidak ada settingan yang lainnya.

    BalasHapus
  20. Kalau pke modem sierra gimana y cra setting nya
    tlong bntuannya.........

    BalasHapus
  21. @anonim
    caranya sama mas....baik speedy,modem siera,modem huawei dll...

    BalasHapus
  22. laptop saya udah terkoneksi dengan wifi rumah saya..
    dan saya mau sharing connection dr laptop ke ipod saya..
    caranya gimana ya mas...?
    thanks...

    BalasHapus
  23. @anonim
    Saya belum pernah melakukannya. Namun kl secara sekilas saya membayangkan, spertinya tidak bisa sharing koneksi dari laptop ke ipod menggunakan wifi anda, karena wifi anda sudah difungsikan sebagai penangkap sinyal dari Wifi rumah anda. Kecuali Anda mendapatkan koneksi internet ke laptop menggunakan kabel, lalu men-share-nya menggunakan wifi laptop... Itu mungkin saja

    BalasHapus
  24. Mungkin ini gak nyambung, tapi saya bener2 lagi mumet dan kehabisan ide. Saya punya netbook Acer Aspire One. Sebelumnya normal-normal aja bisa konek ke Wifi D-Link. Tapi sekarang tiba2 gak bisa. Cuma bisa detect sinyal dari Wifi router. Sinyal strenght: Very Good. Tapi cuma sebatas acquiring network address lalu gagal. Padahal laptop lain dengan suksesnya bisa mengakses router itu. Ada ide gak ya harus gimana? Saya udah install ulang driver Atheros masih gagal juga. Trims sebelumnya.

    BalasHapus
  25. @anonim
    sekedar membantu coba cek dolo ip wirelessnya klo ada ipnya bikin automatic dulu abis itu coba lg..

    BalasHapus
  26. @anonim
    cek jg di settingan D-Link, apakah di set DHCP server aktif atau tidak...jika tidak aktif, maka di masing2 laptop harus diisikan IP address secara manual

    BalasHapus
  27. Mungkin ini gak nyambung, tapi saya bener2 lagi mumet dan kehabisan ide. Saya punya netbook Acer Aspire One. Sebelumnya normal-normal aja bisa konek ke Wifi D-Link. Tapi sekarang tiba2 gak bisa. Cuma bisa detect sinyal dari Wifi router. Sinyal strenght: Very Good. Tapi cuma sebatas acquiring network address lalu gagal. Padahal laptop lain dengan suksesnya bisa mengakses router itu. Ada ide gak ya harus gimana? Saya udah install ulang driver Atheros masih gagal juga. Trims sebelumnya....
    ...kasuunya sama seperti diatas mas tapi saya pakai usb wifi Blue link ( BL-u90N )
    gmna itu solusinya...thank sebelome..

    BalasHapus
  28. trima kasih gan atas ilmunya insya 4JJ saya juga akan menyebarkan pada teman2 saya tentang link ini

    BalasHapus
  29. saya menggunakan program conectivity,, bar nya ok di detect sama blackberry via wifi.. tapi kenapa internetnya nga bisa sharing..thanks atas tanggapa sebelumnya..

    BalasHapus
  30. saya ada problem nie
    laptop 2 sudah bisa konek ke laptop 1 pake wifi
    tapi knapa laptop 2 ga bisa browsing ya pake mozilla apa ada set lainnya?
    trims

    BalasHapus
  31. ane udah mengikuti langkah2 yang agan berikan, wifi dr laptop udh bs di share lewat hp, tp begitu browsing lewat hp ada peringatan gagal "DNS FAILED". Kenapa itu gan? Tolong dibantu ya..
    (koneksi internet laptop ane pake modem SM*RT)

    BalasHapus
  32. mas kalu dari pc yang mengunakan lan gimana mau mengonekan ke leptop sdangkan pc tersebut tidak memiliki wifi jadi ada cara lain gak mas

    BalasHapus
  33. mas kok kalau wifi dari bawaan laptop ga bisa mengeluarkan sinyal hanya tangkap saja, terus cara agar sinyal Wifi keluar apa harus beli perangkat baru. mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
  34. Sebelumnya saya mohon maaf baru sempat membalas sekarang komen2 temen2…

    @raw
    Apakah sudah dicoba dengan wifi USB yang lain? Atau wifi laptop lain? Kl tetap tidak bisa, coba cek di IP address-nya disetting ke Automatic…Kl setting automatic ttp nggak bisa, coba tanya administratornya apakah jaringan disana menggunakan IP static (tidak DHCP)? Kl iya, brti anda harus setting manual IP-nya…..

    @andystg
    Apakah sudah dicoba dikonekkan? Coba disconnect-kan terlebih dahulu.

    @anonim
    Coba diulang langkah di atas, terutama pada proses sharing modem.
    Kemungkinan yang terjadi pada maslah anda adalah:
    1.Modem belum disharing-kan.
    2.IP addres laptop 2 belum diarahkan gateway dan DNS-nya ke arah IP laptop 1.

    @Anonim kedua mengatakan...
    Saya sendiri belum pernah mencoba di hape. Tapi seharusnya secara prinsip sama.
    Apakah DNS IP di hape sudah diarahkan ke IP laptop tersebut? Karena gateway dan DNS-nya harus diarahkan ke IP laptop
    Kemungkinan kedua, modem smart Anda belum disharing.

    @feryn
    Maksudnya dikonekkan ke laptop itu bagaimana?
    Kl PC tidak punya wifi, solusinya:
    1.Beli USB Wifi.
    2.Atau konekkan pakai kabel dengan kabel LAN tipe cross.

    @Sarim
    Enggak mas….wifi laptop setau saya bisa menangkan dan memancar…Coba baca artikel saya sebelumnya http://berbagaicara.blogspot.com/2010/01/membuat-wifi-laptop-menjadi-semacam.html

    Itu untuk membuat wifi laptop memancarkan sinyal (sebagai akses poin)


    Semoga membantu

    BalasHapus
  35. memang saya lagi cari nih , artikel ini sangat memabntu saya, Thx

    BalasHapus
  36. mas bos ... numpang nanya ... Punyaku PC dengan koneksi LAN, ingin tak jadikan pemancar wifi... aku dah beli USB WIFI sesuai yg anda sarankan @feryn tuk Beli USB Wifi. tapi tak cb kok blm bs ... kasih solusinya Mas Bos... thx

    BalasHapus
  37. Untuk kasus Feryn tersebut dia ingin mengkoneksikan PC-nya ke laptop yang dijadikan pemancar/akses poin mas...Sehingga PC tersebut harus menggunakan USB Wifi. Jadi bukan USB Wifi tersebut yang akan dijadikan akses poin/pemancar.

    Saya belum pernah mencoba dengan USB Wifi sebagai akses poin/pemancar. Namun menurut saya secara prinsip harusnya bisa. Langkahnya sama.
    Apakah sinyalnya sama sekali tidak muncul? Kalau iya, coba anda lihat tulisan saya di http://berbagaicara.blogspot.com/2010/01/membuat-wifi-laptop-menjadi-semacam.html


    Kalau sinyal sudah muncul namun internet belum ter-share, coba periksa kembali langkah2 untuk sharing internetnya di atas. Jika internet anda menggunakan LAN, yang anda share adalah LAN-nya.

    BalasHapus
  38. @mas wisnu

    kok dari laptopq ketika nampilin propertis dari wifi kok ga da tulisan home network connection ya...?jadi saya bingung...mo setting wifinya gmn untuk bisa di share....
    mohon bantuannya...

    BalasHapus
  39. @ice_er
    tapi apakah sudah bisa sampai langkah ke tab advanced? Jika sudah, bisa di capture/printscreen tampilan tersebut lalu di email ke wisnuaji.g.p@gmail.com . Supaya bisa saya kira-kira errornya dimana.

    BalasHapus
  40. bos saya punya wireles dir 600 cara agar wireles bisa dipakai bersamaan dgn LAN kabel bisa juga dipakai GMN caranya ?sebab sdh saya coba wireles bisa jalan utk brwsing tp LANnya tdk bisa jalan utk browsing ,saya ambil kabel internet dari swicth masuk ke wereles,LAN wireles ke cpu .tp cpu tdk bisa jalan utk browsing.mohon pejelasan agar wireles bisa utk browsing LAN juga bisa utk browsing juga,caranya gmn? trim

    BalasHapus
  41. Numpang tanya bozz, sy udah ikutin tutorialnya untuk sharing jaringan wifi, saya pake modem smartfren portable. Jaringan wifi yg saya buat di laptop saya coba pake untuk connect dgn HP saya, jaringannya terdeteksi oleh HP dan sdh bisa connect, cuman begitu udah connect kok ga bisa di pake buat browsing di HP ya, mohon pencerahannya ...

    BalasHapus
  42. gan numpag nanya, kl mau kontrol laptop lain via wifi gimana ya ?????

    BalasHapus
  43. mas mw nanya nie... kok di aspire one saya stelah sya klik kanan n pilih properties tpi g da tab advancednya??

    BalasHapus
  44. laptop dan hp saya dah bisa terhubung wifi dan sinyal wifi dh full, cm ga bs sharing utk internetnya..
    muncul tulisan d hp saya, "no gateway reply"..

    BalasHapus
  45. Mohon maaf baru bisa membalas....

    @anonim1
    Semoga apa yang saya tangkap ini benar ya pak? Jadi anda ingin internet anda dishare lewat wireless dan kabel ya?
    Kalau benar, tinggal tancapkan kabel dari modem ADSL ke switch,lalu tancapkan pula kabel dari wireless ke switch dan kabel dari LAN ke switch.Jadi semua terhubung di switch.
    Namun, yang perlu diketahui, apakah pengaturan IP adress internet anda Dynamic atau static? Kalau static, di setiap komputer yang terkoneksi harus dimasukkan IP adressed yang terarah ke IP dan DNS internet.

    @Ferdy
    Settingan IP di HP disesuaikan dengan IP yang didapat oleh komputer. Yang disesuaikan adalah DNS-nya

    @Anonim2
    Anda harus pake software tambahan seperti Remote Admin dan sejenisnya

    @anonim3
    Banyak kasus seperti anda, Biasanya disebabkan oleh virus, atau file windows ada yang bermasalah.

    @sandy
    gak bisanya dimana? Sudah sampai step berapa?

    @gun7ck
    sesuaikan IP dan DNS di HP supaya sama dengan settingan di komputer...Namun IP-nya jangan sama, tapi tetap satu kelas

    BalasHapus
  46. saya coba buat hotspot menggunakan wifi laptop, sinyal wifi di deteksi ma hape saya mas, tapi saya coba sambungkan, muncul pesan, tidak ada tanggapan dari AP, itu kira2 dimana ya letak kesalahhnay

    BalasHapus
  47. @yan darma
    Apakah untuk IP address-nya sudah disetting sesuai dengan langkah di atas?

    BalasHapus
  48. salam kenal Mas saya terkoneksi dengn wifi nah apakah bisa laptop saya mengsharekan wifi ke yang lain...??? alias sbg access point sy menggunakn windows xp sp3 pengalman saya kl win7 berjln dgn baik tnpa kita terputus di jringn trsbut tapi winXp belum bisa dijadikan bgitu krn koneksi yg kita pakai wifi kecuali modem jadi begini kita bisa terkoneksi dan teman kita bisa pula memanfaatkn wifi yg kita pancarkan Nah.,bagaimana caranya mohon solusi,,,!!!!!

    BalasHapus
  49. Tergantung Sistem Operasi dan perangkat Wifi kita mendukung atau tidak pak...
    Biasanya kalau mendukung, ada aplikasi bawaan perangkat wifi untuk melakukan hal tersebut..
    Tapi kalau tidak mendukung, berarti tidak bisa... Karena perangkat tersebut sudah digunakan sebagai receiver/klien... jadi tidak bisa digunakan secara bersamaan menjadi transmitter/akses poin...

    BalasHapus
  50. Mohon bantuannya..

    Saya pengguna BB 9780.di kantor saya menggunakan Wifi (free&full acces *menggunakan password) di BB saya sudah terkoneksi dengan baik untuk semua applikasi yang accses data / internet lancar (mode GSM/GPRS/EDGE/3G off) mengingat daerah tambang (non signal GSM dll).

    Pertanyaannya : apakah bisa saya share koneksi Wifi kantor saya dengan menggunakan BB saya (via Blutooth / kabel data ) karna laptop saya tidak bisa menangkap sinyal wifi sama sekali .mohon tutornya jika para masta tau.

    Terimakasih banyak.
    Keep to make change for better.
    -Tian- :)

    BalasHapus
  51. @S3H...
    Secara praktek saya memang belum pernah coba... Tapi secara teori sangat bisa... ASAL...BB anda mendukung fasilitas untuk share wifi...
    Di smartphone biasanya ada fasilitas untuk share jaringan internet ke perangkat lain.. Baik internet itu bersumber dari smartphone itu (GPRS dll) atau dari jaringan Wifi yang terkoneksi dengan smartphone itu... Kalau di Samsung galaxy saya make Samsung Kies namanya...

    BalasHapus
  52. yok sulaksono12 Juli 2012 23.55

    Gan..gimana caranya koneksikan laptop dgn wifi yg pake pasword(paswordnya saya tau).terus bisa gak dari satu laptop tersebut memancarkan ke PC lain tp bukan Laptop dgn kabel LAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tinggal dikoneksikan biasa aja gan.. klik icon wifi di pojok kanan bawah windows anda...
      utk pertanyaan kedua, bisa gan...agan pake kabel disambungin ke switch dg kabel LAN yg cross...kalau gak mau pake switch jg bs tp kabel LAN nya yg straight...utk ngeshare internet nya pake langkah di atas...

      Hapus
  53. saya dah coba koneksikan dengan ipod touch.... dan ternyata berhasil!!! Thank you...

    BalasHapus
  54. Mas, saya memakai laptop dgn so windows 7 dan mmakai koneksi internet telkom speedy yg dihubungkan dgn modem langsung via kabel. Pertnyaan saya, saya ingin membagi koneksi tersebut dgn tablet android saya yg memakai icecream sandwitch. Bagaimanakah caranya???? Tabletsaya hanya punya koneksi wifi,sedangkan laptop jga punya koneksi wifi. Tolong diberikan info,baik mereplay pesan ini, atau mngirim email ke emilseptiandri@gmail.com mhon diberikan bntuan. Dan step by step masalahnya saya agak kuarang mngerti setingan2. Ditunggu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inti jawabannya anda butuh sinyal wifi utk memancarkan internet dr speedy... sinyal wifi itu keluar dari perangkat bernama wifi akses poin...
      Jadi bisa dg dua cara..cara pertama ganti modem speedy anda dg modem yg sudah built in wifi... atau cara kedua, koneksikan modem anda dg switch dan beli akses poin wifi yg dikoneksikan dg kabel jg ke switch tsb...

      Hapus
  55. Step by step saya ikutin kok gak bisa yah mas bro soalnya aku awam pisan nih
    bahkan windows tdk meminta ip adress seperti yg mas katakan
    saya menggunakan modem smart AC682

    tolong dong mas ......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jendela IP address itu memang tidak muncul sendiri mas... Tapi kita isikan manual... Kita buka jendela tersebut sesuai langkah di atas, lalu isikan IP address nya...

      Hapus
  56. wah thx bgt ya mas atas step-by-step nya
    setelah saya coba smua trik di laman lain, ternyata cman trik dr mas wisnu yg worked 100% gan
    sip2 thx bgt mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Senang bisa membantu :-)

      Hapus
  57. saya ingin memancarkan kembali wifi yang saya tangkap menggunakan 1 buah wifi adapter kok ngak bisa ya?
    balas ardabi131@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. balas ke ardabil131@gmail.com

      Hapus
    2. kalau gt ya nggak bisa donk gan.. 1 buah adapter hanya bisa jadi receiver atau akses poin..kecuali agan pakai akses poin lalu di set ke mode bridge atau repeater..

      Hapus
  58. kalo misalkan koneksi melalui laptop menggunakan WIFI,bisa gak share koneksi dengan PC menggunakan kabel LAN?di tunggu pencerahannya ya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane blm pnh nyoba..tp sepertinya bisa..konsep dan prinsip kerjanya sama kayak yg di atas tapi dibalik..kalau dlm kasus agan, koneksi yg di share adalah koneksi wifi..bukan koneksi modem.. tp harus ada pengaturan IP tuh...

      Hapus
  59. kalo misalnya wifi dari laptop trus di share ke HP bisa ga gan..??
    ane nyoba wifi yg dari laptop ga kedetect ma HP ane...
    thanks before..

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara prinsip bisa...kalau nggak bisa, bisa jadi jenis sinyal laptop agan gak sama dengan HP-nya...mungkin di laptop support a/b, tp di hape supportnya yg sinyal n....

      Hapus
  60. gan ...
    gimana cara membagi jaringan wifi leptop yang terkoneksi bukan melalui modem.
    tp dia terkoneksi melalui acces poin (usb wifi)

    BalasHapus
  61. prinsipnya sama, namun bisanya nge-share ke kabel...jadi yg dishare wireless, nge-share-nya ke kabel...kecuali agan punya dua USB Wifi...yg satu dijadikan receiver, yg satunya jadi transmitter

    BalasHapus