Minggu, 31 Januari 2010

Membuat Wifi Laptop Menjadi Semacam “Akses Poin” (menghubungkan banyak laptop/computer dengan wireless tanpa akses poin)

Kita tentu sering menggunakan fasilitas hotspot yang terhubung menggunakan akses poin. Komputer-komputer yang terhubung di dalam dakses poin tersebut dapat melakukan komunikasi seperti melakukan ping, sharing file, terkoneksi dengan internet (jika akses poin dikoneksikan internet) dan sebagainya.

Sebenarnya kita dapat membuat ”semacam” akses poin dengan fasilitas wifi yang dimiliki oleh laptop kita. Dengan begitu, kita dapat melakukan sharing file dengan laptop lain yang terkoneksi melalui wifi tersebut. Bahkan kita dapat berbagi koneksi internet. Namun, tentu saja kekuatan sinyal yang dipancarkan tidak sejauh bila menggunakan akses poin.

Berikut cara membuat ”semacam” akses point pada laptop kita:



1. Klik 2x ikon wifi di pojok kanan bawah, sehingga muncul layar Wireless Network Connection
2. Lalu lihat di sebelah kiri terdapat tulisan “Set up a wireless network for a home or small office”. Klik tulisan tersebut.










3. Akan muncul sebuah wizard seperti berikut.



















4. Klik Next lalu akan muncul wizar baru kemudian pilih ”Set up a new wireless network”.

5. Klik Next dan akan muncul wizard berikut.


















Masukkan SSID (network name). SSID adalah nama network yang akan dipancarkan. Pilih “Manually assign network key” untuk membuat password secara manual apabila hendak masuk ke jaringan tersebut.

6. Lalu klik Next dan masukkan password yang akan digunakan bila hendak masuk ke jaringan.



7. Lalu klik Next , maka akan muncul wizard berikut



8. Klik Next lalu Finish

Itu adalah cara pertama. Namun terkadang cara pertama tersebut gagal karena pada beberapa kondisi mengharuskan setting jaringan sebagai jaringan Ad-Hoc, namun pada cara pertama tadi tidak ada langkah untuk setting jaringan menjadi Ad-Hoc. Oleh karenanya saya tulis lagi cara lain yang menurut saya lebih sederhana dan sering saya gunakan.

1. Klik 2x ikon wifi di pojok kanan bawah, sehingga muncul layar Wireless Network Connection
2. Pada pojok kiri bawah terdapat tulisan ”Change Advanced Setting”. Klik tulisan tersebut.
3. Maka akan muncul jendela properties seperti berikut.



4. Klik Tab Wireless Networks. Maka akan berpindah pada Tab lain seperti ini.



Klik tombol Add.

5. Lalu akan muncul jendela baru seperti ini.



Masukkan SSID. Kemudian hilangkan tanda centang pada ”The key is provide for me automatically” supaya kita dapat menentukan sendiri password yang akan digunakan untuk masuk ke jaringan. Lalu beri tanda centang pada “This is a computer-to-computer (ad hoc) network;wireless acces points are not used”.

6. Lalu klik OK dua kali.

Sekarang, kita cek jaringan wireless yang kita buat tadi sudah ada atau belum dengan cara klik 2x ikon wifi di pojok kanan bawah, sehingga muncul layar Wireless Network Connection seperti berikut.



Apabila SSID yang kita buat tadi sudah tampak, maka berarti kita sudah berhasil. Namun statusnya masih ”On Demand”. Untuk mengaktifkan jaringan tersebut agar laptop lain dapat juga terhubung, maka laptop yang digunakan sebagai ”akses poin” harus mengkonekkan dengan jaringan tersebut terlebih dahulu. Oleh karenanya, klik tombol ”Connect” pada jendela tersebut. Masukkan password yang sudah dibuat tadi.

Setelah itu, status yang terlihat akan seperti berikut.


Di gambar tersebut statusnya menjadi Not Connected. Jangan khawatir, karena status itu menunjukkan bahwa belum ada computer/laptop lain yang terhubung dalam jaringan tersebut. Nanti apabila sudah ada komputer/laptop yang terhubung, maka statusnya akan berubah menjadi Connected.

Cara membuat ”semacam” akses poin ini pernah juga saya terapkan menggunakan kartu jaringan wireless Internal pada komputer. Dan mungkin saja dapat diterapkan pada USB wireless network, namun untuk USB wireless network saya belum pernah mencoba.

Dengan terkoneksi dalam jaringan wireless ini, kita dapat saling berbagi dengan komputer/laptop lain dengan cara menyamakan WORKGROUP yang ada pada Windows kita.
Dan seperti yang saya katakan tadi, bahwa kita pun dapat membagi jaringan internet yang terkoneksi pada laptop ”akses poin” kepada laptop/komputer lain yang terhubung dalam jaringan wireless ini. Bagaimana caranya? Akan saya bahas di tulisan berikutnya.

69 komentar:

  1. ok, banget.
    tapi kalo boleh saya tanya, kalo untuk di komputer jaringan gimana? bukan laptop. karena, dikantor saya yg ada laptopnya bisa internetan trs dikomputer yg ada lan ngk bisa. saya coba untuk tancapkan lan di laptop biar bisa internetan tetap ngk bisa gimana caranya?

    BalasHapus
  2. Hmmm....Sepertinya bisa mas...

    Kalau boleh tau, si laptop konek internet dengan apa? Wireless atau modem? Coba anda sharing koneksi wireless atau modem anda ...caranya seperti disini http://berbagaicara.blogspot.com/2010/02/membagi-koneksi-internet-menggunakan.html

    Kalau laptop anda konek internet dengan wireless, maka yang disharing adalah jaringan wirelessnya.

    Yang perlu diingat, arahkan Home Networking Connectionnya ke LAN...

    semoga membantu... kalau ada kesulitan, jangan sungkan...

    BalasHapus
  3. mas...saya kn uda coba cara membuat wifi laptop..

    tpi biar semua laptop yg konek wifi saya isa internetan caranya gimana mas...saya make modem smart yang harga 800rbuan...

    BalasHapus
  4. @anonim
    caranya sama yang ada di artikel ini mas : http://berbagaicara.blogspot.com/2010/02/membagi-koneksi-internet-menggunakan.html

    BalasHapus
  5. thanks, sangat berguna sekali..
    tp kalo ini apa bisa terhubungkan dengan hp yang ada wirlessnya, atau memang harus pc/laptop saja..

    terima kasih

    :)

    BalasHapus
  6. @anonim
    terus terang saja saya belum pernah mencoba dari hape. Namun ada teman yang komentar di artikel saya yang lain, katanya sinyal terdeteksi oleh hape tapi tidak bisa dkoneksikan. Mungkin (ini cuma mungkin sih), karena settingan sinyal yang dipancarkan adalah ad hoc (computer to computer)

    semoga berguna...

    ajix (admin)

    BalasHapus
  7. ko wireles saya gak kedeteksi ya,,,tetapi indikator lampu wifi pada laptop nyala ,,,saya menggunakan usb flash modem...

    BalasHapus
  8. @anonim
    apakah anda sudah mencoba menggunakan wireless tsb untuk hotspot-an di area hotspot? Apakah berjalan normal?
    Kl di hotspot area tidak bisa mendeteksi sinyal apapun, brti wireless anda yang bermasalah.
    Namun jika di hotspot area bisa digunakan secara normal, mungkin anda perlu memperhatikan pada langkah ke 5 "Masukkan SSID. Kemudian hilangkan tanda centang pada ”The key is provide for me automatically” supaya kita dapat menentukan sendiri password yang akan digunakan untuk masuk ke jaringan. Lalu beri tanda centang pada “This is a computer-to-computer (ad hoc) network;wireless acces points are not used”".

    Semoga membantu. Jangan sungkan-sungkan berkunjung lagi :D

    BalasHapus
  9. mas saya lagi coba bikin tapi koq adhocnya gak bisa dicentang ya??

    BalasHapus
  10. klo cara membagi jaringnnya gimana mas?

    BalasHapus
  11. @anonim
    apakah sudah diikuti dengan benar langkah2 sebelumnya? Atau mungkin bisa diprintscreen gambar layarnya. Jadi bisa kita lihat bersama kenapa kok tidak bs dicentang....

    @taw'wil
    mksdnya membagi jaringan itu gmn mas? itu kan laptop yang dijadikan "semacam" akses point tersebut berfungsi sebagai router atau bisa diumpamakan seperti switch/hub atau akses poin...jadi smua komputer yang terhubung dengan sinyal yang dipancarkan tersebut otomatis terkoneksi jaringan

    BalasHapus
  12. Mas Wisnuaji, waktu saya coba masuk ke advanced setting untuk centang untuk internet sharing connectionnya begitu saya OK koq ada tulisannya ngga bisa atau services tsb ngga bisa mas? jadi caranya komputer lain atau HP connect ke akses point tsb bagaimana ya Mas? soalnya waktu Wifi scanning ngga kedetect Mas nama SSID nya Mas, mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  13. @anonim
    maaf baru membalas sekarang...
    mgkn peringatan tersebut dikarenakan ada beberapa item yang belum terinstal. Saran saya, instal saja semua componentnya...caranya, di wireless properties, pada tab General klik tombol Install lalu klik tombol Add, lalu pilih componentnya kemudian klik OK...lakukan hal yg sama utk install component lainnya...mungkin karena itu lah service untuk share connection Anda gagal.

    Untuk pertanyaan "jadi caranya komputer lain atau HP connect ke akses point tsb bagaimana ya Mas? soalnya waktu Wifi scanning ngga kedetect Mas nama SSID nya Mas, mohon pencerahannya.. "
    Apakah anda sudah melakukan semua langkah di atas dengan benar? Biasanya yg membuat gagal adalah pada langkah nomor 5 yaitu "Masukkan SSID. Kemudian hilangkan tanda centang pada ”The key is provide for me automatically” supaya kita dapat menentukan sendiri password yang akan digunakan untuk masuk ke jaringan. Lalu beri tanda centang pada “This is a computer-to-computer (ad hoc) network;wireless acces points are not used”."

    Jangan lupa beri tanda centang pada “This is a computer-to-computer (ad hoc) network;wireless acces points are not used”.

    Nanti akan muncul sinyal SSID dengan gambar computer seperti gambar terakhir di atas.

    Dan jangan lupa baca kembali kalimat "Apabila SSID yang kita buat tadi sudah tampak, maka berarti kita sudah berhasil. Namun statusnya masih ”On Demand”. Untuk mengaktifkan jaringan tersebut agar laptop lain dapat juga terhubung, maka laptop yang digunakan sebagai ”akses poin” harus mengkonekkan dengan jaringan tersebut terlebih dahulu. Oleh karenanya, klik tombol ”Connect” pada jendela tersebut. Masukkan password yang sudah dibuat tadi".

    Bisa dicoba lagi. Semoga membantu.

    BalasHapus
  14. @faiz
    iya utk XP....saya blm pnh coba utk win 7....

    BalasHapus
  15. mas klo ke wifi hp g bisa ya

    BalasHapus
  16. mas saya sudah coba. tpi saya coba ke wifi hp hanya bisa terbaca saja tapi internet ya ga konek
    makasih info ya

    BalasHapus
  17. Ijin Kopi bos... Sedot ilmu sedikit yah...

    BalasHapus
  18. @anonim n billy....ke hape wifi sinyal terdeteksi. Dan kemungkinan bisa konek jg, walau saya belum pernah mencoba mengkonekkan dengan hape. namun harusnya secara prinsip bisa.... Jika koneksi internet tidak bisa, mungkin belum dishare...silakan periksa langkah di artikel http://berbagaicara.blogspot.com/2010/02/membagi-koneksi-internet-menggunakan.html

    BalasHapus
  19. mas Wisnuaji, saya menggunakan laptop acer 4535 dan menggunakan lan speedy.
    saya menginkan laptop saya tersebut dapat berbagi koneksi internet dengan PSP saya menggunakan wireles laptop tersebut.
    semua langkah-langkah telah saya ikuti tetapi di PSP saya SSIDnya tidak dapat terdeteksi.
    kira-kira apa ya mas masalahnya ??

    BalasHapus
  20. @anonim
    Kalau dengan laptop lain apakah SSID-nya sudah terdeteksi? Kalau di laptop lain tidak terdeteksi, berarti ada yang kurang dalam melakukan langkah di atas....
    Tapi kalau di laptop lain terdeteksi, namun di PSP tidak terdeteksi, mungkin ada yang perlu disetting pada PSP-nya....Maaf kurang bisa memberi penjelasan yang lebih lengkap...Saya sendiri blm pernah mencobanya dengan PSP....

    BalasHapus
  21. kok laptop saya ngga ada tab wirelles network di box wireless network connection properties ya??

    BalasHapus
  22. saya sudah buat, tetapi mengapa tidak terdeteksi di wireless connection?
    saya lihat di authentication nya ada tulisan authntication cannot operate peer to peer (ad hoc) network or on network which data encryption is disabled"
    ??

    BalasHapus
  23. ini bisa dijangkau dari jarak brp bang ?

    BalasHapus
  24. @anonim1
    bisa diprintscreen gambarnya tampilannya?

    @anonim2
    sudah sampai langkah yang ke berapa?

    @anonim3
    tergantung masing2 wireless device-nya. Biasanya hampir sama dengan jangkauan jika wireless device-nya difungsikan sebagai receiver.

    BalasHapus
  25. tulis comentarmu

    BalasHapus
  26. Tolong dishare cara membuat modem smart menjadi hotspot/ router wifi via laptop.
    Trims sebelumnya.

    BalasHapus
  27. bos, kok pake bb gw ga kedetek wifi yg dr laptop gw yah ?

    BalasHapus
  28. dengan ac hoc wifi nya bisa terdeteksi. masalahnya jika adhoc tidak dicentang maka ssid tsb tidak terdeteksi.
    gimana ya? apa ada software tambahan yang membantu?

    BalasHapus
  29. mas mau nanya nh dikit
    kalau mau bisa gak berbagi internet antara laptop dengan hape (nokia c3)
    trus ada pengaruh gak nanti klu internetan di hotspot gratisan dengan wifi

    BalasHapus
  30. gan mw nanya nh
    ane py hape nokia c3
    ane hubungkan ke wifi klu gk salah wlan-11g-gw, da nyambung tapi internet tetap gk jalan
    ada ap ya kira2
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  31. @anonim1
    ??

    @anonim2
    silakan dibaca di http://berbagaicara.blogspot.com/2010/02/membagi-koneksi-internet-menggunakan.html , kemudian dipadukan dengan artikel di atas.

    @anonim3
    Kl pake BB saya belum pernah coba sih...tp seharusnya bisa kl perangkat yg digunakan masih menggunakan sinyal yg sesuai (b/g/n)

    @anonim4
    tidak usah dilepas centangnya. Karena itu yg akan menunjukkan bahwa akan digunakan sebagai koneksi dari komputer ke komputer.

    @anonim5
    tidak ada pengaruh. Karena fungsi wireless hanya untuk sekedar receive/transmitt aja.

    @anonim6
    apakah sudah connected? mungkin internet yang ada di laptop belum di share....coba baca artikel http://berbagaicara.blogspot.com/2010/02/membagi-koneksi-internet-menggunakan.html

    BalasHapus
  32. apa bedanya cara di atas dengan harus membeli wireless router, dsb???? jark jangkauan wifi paling jauh brp??

    BalasHapus
  33. @anonim
    ya tidak ada mas/mbak....cara di atas kan alternatif untuk membuat akses poin tanpa harus membeli perangkat wireless eksternal...cukup dengan laptop....
    Contoh paling menyenangkan dari pengaplikasian tutorial di atas bagi saya adalah ketika dulu saya sama temen2 kos pengen main Counter Strike secara bersama-sama (jaringan lokal), cukup menggunakan cara di atas kita bisa maen bersama :D tidak perlu harus beli perangkat wireless tambahan hanya utk itu... bisa juga untuk saling share file dll. :D

    BalasHapus
  34. thanks it works.. saya menggunakan langkah kedua.. dan menambahkan wifi ke dalam network bridge

    BalasHapus
  35. Sebelumnya saya pake speedy..lalu saya putus(tidak berlangganan lagi),saya masih punya Wirelees router ..sekarang saya pake modem mobil connect (USB) dg kartu tilp..Bagaimana caranya memanfaatkan wireless router saya bisa menjadi hotspot yang dg menggunakan kartu tsb.modem tersebut saya pasang di CPU..dan Local area sudah conected..dan laptop saya sudah ada tulisan hotspot..tetapi ketika saya browsing internet dengan laptop..gagal terus..mohon bantuannya..Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  36. Saya menggunakan langkah kedua, tapi mengapa setiap mencentang pilihan "This is a computer to computer (ad-hoc)..."
    di tab authentication menjadi : "IEEE 802.1x authentication can not operate peer to peer (ad-hoc) networks or on networks for which data encryption is enabled"
    saya harus apakan?

    BalasHapus
  37. Saya telah menggunakan cara ke2 dan berhasil terdeteksi oleh notebook yg lain

    Notebook yg saya gunakan sbg hotspot tst terkoneksi ke modem kabel Firstmedia via rj-45

    tetapi notbook sy yg lain tsb tdk bisa terkoneksi ke internet

    mohon pencerahaannya pak

    BalasHapus
  38. mas, laptop saya sudah saya setting seperti yang mas tulis diforum ini,ketika saya tekan tombol conect, emang berhasil dan muncul sinyal wifi dengan ussd yang saya buat, namun ketika saya coba temen saya untuk coba conect, hal tersebut gagal, malah mubcul tanda seru (!)di icon wifi pojok kanan bawah, padahal password udah sesuai, serta apa bedanya WEP,WAP2, WAP, LAN DLL untuk laptop teman saya pernah bilang bagus pake WEP.mohon bimbinganya, terimakasih.

    BalasHapus
  39. @bertov
    apakah koneksi sudah dishare? Jika belu, coba langkah di http://berbagaicara.blogspot.com/2010/02/membagi-koneksi-internet-menggunakan.html


    @anonim
    Coba isikan IP Address di masing-masing laptop.. Itu mungkin karena IP Address minta disetting secara manual
    Coba saya jelaskan secara mundah terkait hal berikut:
    WEP adalah pengaman wifi yang menggunakan enkripsi
    WAP adalah pembaruan dari WEP
    WAP2 adalah versi baru untuk WAP
    LAN adalah jaringan lokal...jadi tidak terkoneksi dengan internet...

    Sebenarnya dari segi enkripsi yang baik ya WAP2 karena menggunakan enkripsi yang lebih rumit.
    Hanya saja, kadang tidak semua perangkat wireless (wifi laptop, akses poin dll) mendukung WAP dan WAP2...biasanya itu perangkat yang jadul....kl perangkat yang baru biasanya sudah support..

    BalasHapus
  40. Mas, aku udah coba. Cuma kalo browsing/jalankan fungsi internetnya nggak konek di laptop client. Padahal status wirelesnya udah konek, dan modemnya sedang online juga. Mohon bantuannya, Mas.. Makasih sebelumnya..

    BalasHapus
  41. @jhonny black
    apa benar pengaturan IP-nya sesuai yang saya tulis di atas? karena itu pengaruh pada pengarahan gatewaynya

    BalasHapus
  42. Mas,ini pake perangkat tambahan lagi 'gak buat bisa connect ke wirelees-nya??! mungkin harus dipasang Wireless USB Adapter, ato yg lain2 baru bisa berfungsi..?!

    Karena lagi butuh program2 tanpa tambahan wireless adapter lain..! Terima kasih

    BalasHapus
  43. @anonim.. Kalo pake laptop lama yg gak ada wifinya atau pake PC ya harus pake perangkat tambahan USB Wireless.. Tp kalo pake laptop yg ad wifinya ya gak perlu..smg membantu

    BalasHapus
  44. Saya menggunakan langkah kedua, tapi mengapa setiap mencentang pilihan "This is a computer to computer (ad-hoc)..."
    di tab authentication menjadi : "IEEE 802.1x authentication can not operate peer to peer (ad-hoc) networks or on networks for which data encryption is enabled"
    harus apakan??

    BalasHapus
  45. Kalo untuk setting lan dan wifi sekaligus bisa ga ya?

    BalasHapus
  46. @anonim
    settingan data encryptionnya sepertinya perlu di disabled...anda pakai windows berapa?

    @Spesifikasi Laptop
    Coba baca artikel saya di http://berbagaicara.blogspot.com/2010/02/membagi-koneksi-internet-menggunakan.html

    BalasHapus
  47. Waahh Nice info... :)
    Makasih ya informasi'y

    jangan lupa mampir kesini ya..
    http://quantamultimedia.com/

    terimakasih ^_^

    BalasHapus
  48. saya mencoba menjadikan laptop menjadi hotspot, tapi mengapa saya tidak bisa mencentang pilihan "This is a computer-to-computer (ad hoc) network, wireless access point are not used"

    saya mencoba mengkoneksikan ipad dengan wifi labtop dan modem dial up speedy. di ipad sudah muncul lambang wifi, tapi tidak bisa connect..

    mohon bantuannya. terima kasih

    BalasHapus
  49. @anonim...apakah perangkat wireless anda support untuk koneksi adhoc? coba cek di manual book atau tanya ke servis centernya...karena kalau tdk bisa utk koneksi adhoc memang tidak bisa dicentang...
    Untuk pertanyaan kedua, anda harus mensetting manual IP number masing2 laptop/gadget...baca lbh lanjut di http://berbagaicara.blogspot.com/2010/02/membagi-koneksi-internet-menggunakan.html

    BalasHapus
  50. bagaimana cara membuat login page tanpa mikrotik dan hanya menggunakan wireless router tp link tl-wr743nd,, thanks before...
    visit my blog on http://www.sidraponline.co.cc/

    BalasHapus
  51. Fasilitas di TP Link sudah ada untuk membuat login bagi user yang akan masuk ke jaringan.
    Hanya memang bedanya, login dilakukan untuk terkoneksi dengan sinyal TP Link tersebut. Kalau mikrotik kan, terkonek dulu baru login.

    Fasilitas itu ada di halaman Admin TP Link menu Security.

    BalasHapus
  52. Thank you a bunch for sharing this with all folks you really understand what you're talking about! Bookmarked. Kindly also seek advice from my website =). We can have a link alternate arrangement among us

    Feel free to visit my blog post: acoustic guitar a chord

    BalasHapus
  53. thanks info cara membuat wifi laptopnya,....

    BalasHapus
  54. info cara membuat wifi laptopnya bermanfaat,....

    BalasHapus
  55. Makasih info artikel cara membuat wifinya sangat bermanfaat

    BalasHapus